Berguru Ke Negeri Jiran

Malaysia merupakan negara yang letak teritorialnya paling dekat dengan Indonesia di antara negara-negara lain di Asia Tenggara. Malaysia bahkan berbagi satu daratan dengan salah satu pulau di Indonesia yaitu Kalimantan. Karena menjadi tetangga yang terdekat itulah maka Malaysia dijuluki Negeri Jiran.

Beberapa tahun terakhir Malaysia dan Indonesia semakin getol melakukan kerja sama di bidang pendidikan. Contoh, sejak tahun 2014 Malaysia rutin mengirimkan mahasiswa calon guru pendidikan khusus dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia untuk belajar ke SLB Negeri 1 Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Mereka dikirimkan dalam tim, tinggal selama dua bulan di Indonesia dan meleburkan diri dalam seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di sekolah pendidikan khusus di Indonesia.

Tahun 2019 melalui program 1000 guru belajar ke luar negeri, Indonesia bertekad meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) menjadi lebih profesional. Pendidik dan tenaga kependidikan Indonesia bertandang ke berbagai negara, salah satunya yaitu belajar mengenai pendidikan khusus ke Malaysia.

b2ap3 large Berguru di malaysia

Grup Malaysia

 “Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemdikbud bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan RI” ujar Dr. Joko Ahmad Julifan, M.Si Kepala Bagian Umum dari PPPPTK TK dan PLB Bandung. Program Pelatihan Guru SLB di Malysia diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari 16 orang guru SLB dan 4 orang Widyaiswara PPPPTK TK dan PLB Bandung. Peserta akan belajar mengenai kegiatan psikomotor dan ragam intervensi bagi siswa berkesulitan belajar seperti autis, diseleksia, ADHD dan down syndrome. Program berguru ini akan dilaksanakan selama 3 minggu, yaitu terhitung tanggal 2 – 22 Maret 2019.

Oleh : (Widi Astuti SLBN 1 Bantul)