Memfinalkan yang Ditunggu-Tunggu Guru PAUD

b2ap3 large pinal 1b2ap3 large Pinal 2Akhirnya, yang ditunggu-tunggu guru PAUD segera tiba. Hmm, apa ya #SahabatLuarBiasa?

Ya, Direktorat Pembinsan GTK PAUD dikmas bersama PPPPTK TK dan PLB melaksanakan Penyusunan dan finalisasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) peningkatan kompetensi GTK PAUD dan Dikmas. Hal yang memang sudah ditunggu oleh sekitar 300 ribuan Guru PAUD yang tersebar di seluruh negeri.

"Tentu hal ini menjadi suatu yang dinanti bagi guru-gur PAUD. Karena berisikan tentang Juknis serta pedoman dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran para pendidik PAUD," ujar Kepala PPPPTK TK dan PLB, Bapak Abu Khaer mewakili Direktur PGTK PAUD dan Dikmas dalam pembukaan kegiatan Penyusunan dan Finalisasi NSPK di Hotel Allium, Kota Tangerang pada Selasa (16/7).

Hadirnya Juknis ini tentu sangat penting. Terutama sebagai rujukan dan acuan dalam melaksanakan PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) melalui PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Program-program ke depannya sangat bergantung pada apa yang kita hasilkan di sini. Terutama PKP," beber Pak Kapus.

Program PKP, melalui unit-unit pembelajaran yang berisikan pengalaman belajar yang akan diperoleh melalui Diklat yang lebih berfokus pada peningkatan unjuk kerja atau praktik pembelajaran bersama peserta didik. Kita diamanahi untuk mewujudkan pembelajaran yang makin berkualitas "Agar kita semakin di depan," tegas Pak Kapus optimis.

Dalam kegiatan selama tiga hari, peserta akan dibagi ke dalam lima Pokja (Kelompok Kerja). dengan output: Juknis PKP, Unit Pembelajaran, Pedoman/materi Diklat Guru Pendamping Diklat berjenjang tingkat lanjut, Pedoman Penyaluran Bapem RPL (Rekonisi Pengalaman Lama), dan Juknis Bantuan Kualifikasi S1/D4.

Yang menarik, pembukaan kegiatan juga ditandai dengan membangun suasana dunia anak yg selalu ceria dengan mendendangkan lagu fungsi indera yg dipandu Widyauswara, Bapak Dadang Supriatna yang diikuti seluruh peserta penuh riang gembira. Semangat! (*)