Pembekalan Guru Inti PKP Taman Kanak-kanak region Makassar tahun 2019

b2ap3 large Capture 8#SahabatLuarBiasa, tanggal 26 Agustus sd. 1 September 2019, PPPPTK TK PLB melaksanakan kegiatan Pembekalan Guru Inti PKP Taman Kanak-kanak region Makassar tahun 2019 bertempat di Hotel Remcy Makassar. Kegiatan ini sekiranya diikuti oleh 80 orang guru TK dari wilayah timur Indonesia, yang mewakili zonasi dari provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Program PKB melalui PKP digulirkan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKB melalui PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Musyawarah Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (MGTIK) dan yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

PPPTK TK dan PLB sebagai unit pelaksana Teknis Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan memiliki tugas untuk melatih guru inti untuk Taman Kanak-kanak di wilayah Region Makassar. Guru Inti yang telah dilatih dalam kegiatan pembekalan ini selanjutnya akan memfasilitasi kegiatan PKB melalui PKP di wilayah zona nya masing-masing.

Tujuan kegiatan PKB melalui PKP bidang Taman Kanak-kanak ini bertujuan agar peserta mampu secara pedagogik maupun profesional menjadi Fasilitator dalam Pembekalan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).

Kegiatan pembelajaran di kelas pembekalan GI ini dilakukan secara tatap muka dan juga melatih pendampingan kelas online agar peserta nanti dapat melaksanakan pendampingan kepada guru sasaran di zonasi masing-masing.

60 Jam Pembelajaran akan dilalui peserta selama 7 hari bersama belajar dalam kelompok dengan pembagian kelompok secara inklusif. Peserta yang telah selesai mengikuti Pembekalan Guru Inti dan mendapatkan nilai akhir > 70 akan menerima sertifikat, dan lanjut melaksanakan tugas sebagai Guru Inti di zonasi-nya masing-masing.