Resensi Buku "Pendekatan Ekologis dalam Mengembangkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus"

-b2ap3 large COVER AGUS2

Judul Buku

:

Pendekatan Ekologis dalam Mengembangkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus

Tahun

:

Desember 2017

Penulis

:

Dr. Agus Irawan Sensus, M.Pd.

Jabatan

:

Widyaiswara PPPPTK TK dan PLB

Penerbit

:

Pustaka mediaguru dan PPPPTK TKPLB

Sasaran Pembaca

:

Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah pada satuan Pendidikan SLB dan Sekolah Inlusif dan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus

Jumlah Halaman

:

204 halaman

Outline Buku

:

6 Bab

Paradigma Judul

 

Buku ini disusun sebagai referensi bagi para praktisi pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK_, orang tua ABK dan pemerhati pendidikan ABK dalam mendesain layanan pembelajaran dengan mensinergikan lingkungan perkembangan sehingga ikhtiar pengembangan potensi ABK dalam dilakukan secara sistemik.

Konsep ekologis dalam buku ini menekankan pada filosofis dan fakta bahwa ikhtiar mengembangkan potensi ABK tidak dapat dilakukan secara segmentasi, tetapi harus dilakukan secara ekosistem, mulai dari menyiapkan mental-psikologis ABK di sekolah, mengembangkan pola asuh yang edukatif di rumah, menata lingkungan social yang sehat dan memperkuat regulasi yang support terhadap layanan pendidikan ABK

Esensi Subtansi

 

BAB 1. PENDAHULUAN

Mengantarkan rasional, mengapa ABK perlu dikembangkan potensi dirinya, mengapa harus dikembangkan dengan pendekatan ekosistem? Dan menjelaskan organisasi penulisan buku.

BAB 2. KONSEP DASAR PENDEKATAN EKOLOGIS

Menyajikan informasi konseptual tentang pengertian, prinsip dan korelasi  konseptual pendektan ekologis dengan ikhtiar pengembangan potensi ABK.

BAB 3. PENGEMBANGAN POTENSI ABK

Memberikan pemahaman dasar-konseptual tentang konstruksi pendekekaran ekologis, sehinga dalam bab 2 dijelaskan tentang batasan konseptual tentang esensi potensi diri dalam konsteks ABK, aspek dan fokus pengembangan potensi ABK, tahapan pengembangan potensi ABK

BAB 4. TAHAPAN PENGEMBANGAN POTENSI NAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDEKATAN EKOLOGIS

Menjelaskan literasi yang bersifat konseptual dan faktual tentang prinsip-prinsip perkembangan potensi ABK, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan potensi ABK, dan  sistem ekologis perkembangan potensi ABK.

BAB 5.  PEMBELAJARAN VOKASIONAL DALAM    

              MENGEMBANGKAN POTENSI ABK

Menyajikan informasi teknikal-empirik tentang pembelajaran vokasional sebagai esensi pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi ABK. Oleh karena itu dalam bab ini dijelaskan tentang tujuan dan ruang linkup pembelajaran, prinsip, proedur dan materi pembelajaran dalam spektrum pembelajaran vokasional sederhana.

BAB 6. MENGEMBANGKAN SIKAP PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ABK

Di bab terakhir dalam buku ini disajikan informasi konseptual-praksis yang bersifat inspiratif, persuasif, motivasi dan taktikal tentang pertanyaan penting dalam memformulasikan pendekatan ekosistem dalam mengembangkan potensi ABK. Oleh karena itu dalam bab ini disajikan beberapa kupasan tentang (a) sikap penerimaan orang tua; (b) aktor-faktor yang mempengaruhi sikap penerimaan orang tua; (c) aspek-aspek sikap penerimaan orang tua; (d) tahapan sikap penerimaan orang tua; (e) program konseling keluarga untuk mengembangkan sikap penerimaan orang tua; (f) pendekatan dalam konseling keluarga; dan (g) strategi konseling keluarga dalam mengembangkan

 

Catatan

:

Penulis membuka peluang untuk diskusi lebih lanjut tentang isi buku ini lebih lanjut.

b2ap3 large AGUS