Resensi Buku "Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus"

b2ap3 large Ais Cover2

Judul Buku

:

Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus

Tahun

:

Desember 2017

Penulis

:

Dr. Agus Irawan Sensus, M.Pd.

Jabatan

:

Widyaiswara PPPPTK TK dan PLB

Penerbit

:

Pustaka mediaguru dan PPPPTK TKPLB

Sasaran Pembaca

:

Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah pada satuan Pendidikan SLB dan Sekolah Inlusif dan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus

Jumlah Halaman

:

193 halaman

Outline Buku

:

7 Bab

Paradigma Judul

 

·   Buku ini disusun sebagai referensi konseptual dan aplikatif bagi guru yang mengajar anak berkebutuhan, baik di SLB maupun di sekolah inklusif dalam memberikan layanan bimbingan konseling .

·   Buku ini menjadi salah satu referensi yang digunakan dalam diklat online dasar-dasar bimbingan konseling bagi guru SLB Angkatan 1 yang diselenggarakan pada bulan mei 2020 oleh PPPPTK TK dan PLB

·   Dalam buku ini juga disajikan pengalaman penulis dalam mengimplementasikan konseling kelomok dengan teknik bermain peran untuk mengembangkan keterampilan social pada anak dengan high functioning autism. Disajikannya pengalaman penulis ditujukan pula untuk memberikan motivasi dan inspirasi bahwa layanan bimbingan konseling feasible untuk dimplementasikan dalam layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus.

·   Secara aplikatif-kontekstual kaidah keilmuan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus dalam buku ini dapat diterapkan untuk memotivasi anak berkebutuhan khusus melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa new normal sekarang. Hal tersebut karena keengganan anak berkebutuhan khusus melaksanalan pembelajaran jarak jauh tidak sepenuhnya dikarenakan kesulitan akademis, tetapi ada factor-faktor non akademis yang dapat didekati dengan pendekatan bimbingan konseling.

Esensi Subtansi

 

BAB 1. PENDAHULUAN

Mengantarkan rasional, yang memperjelas mengapa tidak semua ikhtiar mengembangkan potensi dan mengentaskan permasalahan pada ABK, tidak cukup dengan pendekatan instruksional (pembelajaran di kelas), akan tetapi ada dimensi pengembangan potensi dan mengentaskan permasalaham pada ABK yang memerlukan pendekatan bimbingan konseling. Seperti dimensi konsep diri, gaya belajar, motivasi belajar, semua itu memerlukan layanan psikologis Pendidikan yang secara spesifik melalui layanan bimbingan konseling. Dalam bab 1 juga diceritakan sepintas pengalaman penulis dalam melaksanakan konseling kelompok bagi anak dengan high functioning autism.

 

BAB 2. KONSEP DASAR BIMBINGAN KONSELING

Menjelaskan konsep dasar bimbingan konseling yang meliputi: pengertian, fungsi dan tujuan, prinsip dan ragam bimbingan konseling.

 

BAB 3. STANDAR KOMPETENSI KONSELOR DAN PENEGASAN KONSELOR

Menjelaskan aturan regulasi terkait dengan penegasan profesi konselor, standar kompetensi konselor, Pendidikan profesi konselor, dan memformulasikan gagasan tentang standar kompetensi kompetensi konelor anak berkebutuhan penulis, sebagai sebuah gagasan pemikiran penulis.

BAB 4. REPOSISI DAN REKONSEPTUALISASI BIMBINGAN DAN KONSELING ; PENDEKATAN KOMPREHENSIF

Menjelaskan analisis konsep bimbingan konseling komprehensif dan implementasi bimbingan konseling komprehensif pada anak berkebutuhan khusus sebagai sebuah pengembangan desain inovasi yang penulis tawarkan.

 

BAB 5.  KONSEP DASAR KONSELING KELOMPOK

Dalam bab ini dijelaskan tentang pengertian konseling kelompok, tujuan konseling kelompok dan keterampilan yang harus dimiliki dalam melaksanakan konseling kelompok  dan pendekatan behavioristik dalam pelaksanaan konseling kelompok.

BAB 6. KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN HIGH FUNCTIONING AUTISM DI SEKOLAH INKLUSIF

Bab ini menyajikan pengalaman penulis dalam melaksanakan konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan social pada anak dengan high functioning autism di Sekolah Dasar Inklusif. Untuk memberikan Langkah-langkah konkrit dijelaskan tentang Kerangka Umum Pengembangan Keterampilan Sosial Anak dengan High Functioning Autism dengan Menggunakan Konseling Kelompok dengan Teknik Bermain Peran, Kerangka Umum Pengembangan Keterampilan Sosial Anak dengan High Functioning Autism dengan Menggunakan Konseling Kelompok dengan Teknik Bermain Peran, Konsep Dasar Teknik Bermain Peran dalam Konseling Kelompok, Keterampilan Sosial pada Anak High Funtioning Autism, Indikator Keterampilan Sosial pada  Anak High Functioning Autism, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Sosial pada Anak High Functioning Autism, Fungsi Keterampilan Sosial pada Anak High Functioning Autism, Teknik Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Anak High Functioning Autism

BAB 7. MODEL KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN  PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK HIGH FUNCTIONING AUTSM

Pada bab terakhir ini disajikan rumusan tentang model rasional dan model implementatif konseling kelompok untuk mengembangkan keterampilan social pada anak high functional autism di sekolah Dasar Inklusif.

 

Catatan

:

Sedang proses di penerbit untuk menambahkan 2 bab dalam buku ini mengakomodir beberapa hasil diskusi dengan para guru SLB, baik pada kegiatan seminar maupun diklat bimbingan konseling.

Penulis membuka peluang untuk diskusi lebih lanjut tentang isi buku ini lebih lanjut.